Diskusi Publik Dua Dekade Reformasi di Universitas Mulawarman

WhatsApp Image 2018-05-24 at 4.24.54 PM.jpeg

Dalam rangka memperingati Dua Dekade Reformasi,Universitas Mulawarman melaksanakan Diskusi Publik dengan mengundang beberapa pembicara diantaranya John Tobing (Pencipta Lagu Darah Juang), Kahar Albahri/Oca (Aksi Kamisan) dan Hema Malini (Lingkar Studi Kerakyatan).

Acara tersebut diadakan di Aula Fakultas Hukum Universitas Mulawarman Samarinda pada pagi hari. Antusias mahasiswa sangat dirasakan dalam acara tersebut. Dalam diskusi tersebut, John Tobing mengatakan bahwa reformasi yang kita jalani saat ini masih jauh dari harapan-harapan para pencetusnya terdahulu. Tidak ada reformasi dalam konteks nyata hingga saat ini. KKN yang dilakukan penguasa masih saja terjadi. John Tobing menganggap bahwa beberapa penguasa saat ini masih saja ingin memperkaya dirinya sendiri padahal Indonesia adalah negara yang besar dan kaya. Sudah seharusnya kekayaan negeri ini difokuskan untuk pembangunan secara luas, seperti dalam bidang pendidikan dan pelayanan publik.

Sementara itu dalam diskusi tersebut, Kahar Albahri juga menyinggung masalah perusakan lingkungan yang terjadi akibat otonomi daerah yang diberikan seluas-luasnya dan tidak terkontrol. Pemberian Izin Usaha Tambang terutama telah memberikan sumbangsih atas beberapa kejadian seperti banjir, kematian anak kecil di kawasan tambang, konflik terkait lahan, hilangnya hewan-hewan endemik serta beberapa penyakit yang muncul di daerah tambang.

Herdiansah pun turut memberikan pendapat mengenai permasalahan yang menimpa KPK. Banyak pihak yang ingin menjatuhkan KPK terbukti telah terjadi empat kali yaitu tahun 2011, 2015, 2016, dan 2017. Kebanyakan orang-orang tersebut, menurutnya berasal dari orang-orang yang ingin mengoyak reformasi maupun yang memang benar-benar tidak suka dengan kehadiran KPK.

Acara tersebut berlangsung hingga siang hari dengan antusiasme tinggi dari peserta. Panitia berharap, acara-acara serupa diadakan untuk mengingatkan generasi muda akan pentingnya kita mempersiapkan dan melaksanakan rencana implementasi janji-janji reformasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *