Pentingnya menjaga stabilitas harga di momen-momen hari raya

a.jpg

seperti yang kita ketahui, pada saat momen-momen hari raya, biasanya terjadi peningkatan permintaan atas barang dan jasa, utamanya barang-barang pokok. Hal tersebut menimbulkan peningkatan permintaan pada pasar barang dan jasa, namun sering kali tidak dibarengi dengan peningkatan penawaran atas barang dan jasa yang dimaksudkan.

hal tersebut mengakibatkan harga penawaran atas barang dan jasa menjadi meningkat, karena jumlah sumber daya yang tersedia tidak mampu memenuhi permintaan pasar, sehingga para penjual akan memberikan produk barang dan jasa mereka kepada masyarakat yang mau menawar dengan harga yang tinggi. ketidaksiapan atas persediaan barang dan jasa ini harus mulai diperhatikan paling tidak ketika momen-momen hari raya akan berlangsung, contohnya lebaran.

untuk saat ini, yaitu di minggu pertama bulan puasa, kenaikan harga di pasar barang dan jasa belum terjadi terlalu drastis. namun, tetap saja ada beberapa pedagang “nakal” yang memasang harga tinggi dikarenakan hanya mereka saja penyedia barang dan jasa yang dibutuhkan. sehingga mau tidak mau masyarakat akan membayar dengan harga yang tinggi.

ada solusi lain dalam menghadapi permasalahan kesediaan barang dan jasa, yaitu dengan menciptakan produk substitusi. sebagai contoh, misalkan kita menginginkan untuk mengkonsumsi daging sapi namun harga terbilang cukup tinggi, maka sebagai gantinya kita dapat mengkonsumsi daging jenis lainnya seperti kambing atau ayam yang misalnya memiliki harga yang lebih rendah saat itu.

pemerintah harus mampu bertindak tegas pada penyedia barang dan jasa yang “nakal” seperti melakukan penimbunan atau diprediksi dalam memonopoli suatu penyediaan barang atau jasa di momen-momen hari raya. sehingga, ada kompetitor lain yang mampu bersaing sehingga harga dapat dikontrol. kompetitor berfungsi untuk menjaga stabilitas harga karena dengan adanya kompetitor, seorang pedagang akan memiliki harga pembanding untuk mematok berapa besar harga yang akan mereka tentukan.

by: Jhoni Setiawan (jhoniset23@gmail.com)

pentingnya menjaga stabilitas harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *