Peringatan Hari Anti Tambang di Samarinda

WhatsApp Image 2018-05-30 at 2.07.03 PM.jpeg

Samarinda. Pada siang hari tepat pukul 13.00 Wita, di depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur, berlangsung aksi damai dari Forum Satu Bumi. Mereka merupakan para aktivis dan masyarakat yang tergabung dalam sebuah organisasi untuk menyuarakan kembali apa saja dampak negatif dari adanya tambang-tambang yang mereka anggap terlalu berlebihan utamanya di kawasan Kalimantan Timur.

Aksi tersebut sontak mendapatkan perhatian masyarakat yang berada di sekitar Kantor Gubernur serta yang melewati jalan Gadjah Mada. Romiansyah yang berperan sebagai kordinator aksi mengatakan bahwa aksi ini juga ditujukan kepada Calon Gubernur Kalimantan Timur yang sedang berkompetisi untuk pilkada mendatang. Dirinya juga menegaskan jangan menjadikan tambang sebagai ijon politik karena hanya akan membawa rakyat menuju kesengsaraan.

Adapun beberapa tuntutan dari aksi tersebut adalah mereka menginginkan dieksekusinya tambang-tambang bermasalah, menuntaskan kasus-kasus orang meninggal di kawasan tambang, serta mengevaluasi kembali permasalahan izin-izin tambang ilegal. Belum lagi ada isu tida berjalannya reklamasi tambang untuk bekas lubang galian, karena lubang bekas lubang galian tambang harus dilakukan reklamasi guna pengembalian manfaat dari lahan tersebut.

Mereka juga menyuarakan untuk menghentikan kriminalisasi para petani. Lahan-lahan yang harusnya digunakan untuk perkebunan malah digunakan sebagai lahan tambang. Banjir, kasus-kasus kematian, polusi lingkungan dan hilangnya satwa endemik juga masih menjadi persoalan yang hingga kini belum terselesaikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *