UGM Akan Menggelar Konser Untuk Memperingati Hari Lahir Pancasila ke- 73

Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada akan menggelar Konser Indonesia Damai bertajuk #PANCASILARUMAHKITA pada tanggal 1 Juni 2018. Tema yang mengusung Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan Toleransi.

Perhelatan yang diadakan bertepatan dengan 73 tahun Pancasila itu hasil prakarsa Pusat Studi Pancasila UGM bekerja sama dengan Sekber Keistimewaan DIY, Gelora Bahana Patria, KAGAMA, Ika UII, dan Pramuka Kwarda DIY.

Acara akan dimulai pada pukul 14.00 WIB ini diawali penampilan NOS INDONESIA Band. Selanjutnya, acara dibuka dengan Aubade Paduan Suara Gelora Bahana Patria  yaitu  berasal dari pelajar dan mahasiswa gabungan lintas sekolah se-Yogyakarta.

Tidak ketinggalan, Tari Nusantara dari Sanggar Gita Gilang ikut menyemarakkan acara ini . Serta, orasi Kebangsaan juga menjadi bagian penting dalam acara ini yang akan dimeriahkan oleh tokoh bangsa  seperti Sri Sultan Hamengku Buwono X, Prof. Ir. Panut Mulyono, D.Eng., M.Eng, Prof. Dr. A. Syafei Maarif, Prof. Dr. Mahfud MD, Dr. Heri Santoso (Kepala Pusat Studi Pancasila UGM) bersama perwakilan mahasiswa  yaitu Mentari Rizki Pratiwi.

Dan terakhir, acara ini akan di tutup penampilan dari Band Slank. Band Slank juga akan melaksanakan pawai andong pada tanggal 31 Mei 2018 dengan rute Tugu Pal Putih – Jl. Margo Utomo – Jl. Malioboro – Jl. Margo Mulyo – Jl. Pangurakan – Jl. Pekapalan Barat – Keraton Yogyakarta.

Tidak lupa konser yang di gelar tidak di pungut biaya apapun (gratis) dan terbuka untuk umum.

Diharapkan dengan adanya acara ini, Ideologi Pancasial dapat diteruskan kepada generasi muda dalam upaya melawan paham radikalisme. Selain itu, mengedukasi masyarakat betapa pentingnya Pancasila sebagai ideologi Indonesia. Serta, dapat menumbuhkan jiwa cinta tanah air.

 

Reporter : Andy Ferdy
Penulis    : Mahendra P.S
Editor      : Ghea R

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *