Hasil Pengawasan Panwaslu, Pilkada Kota Palembang Hampir Tidak Ada Kendala

Pengawasan Panwaslu, Pilkada Kota Palembang aman

Kegiatan pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 di Kota Palembang memang sudah berlalu, namun kegiatan perhitungan suara masih terus berjalan. Kelancaran yang terjadi tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk pihak Panwaslu Kota Palembang di sisi pengawasan.

Darsi Elyanto (Komisioner Panwaslu Kota Palembang divisi Hukum, Penindakan dan Pelanggaran) menyampaikan bahwa kegiatan Pilkada Serentak pada 27 Juni kemarin yang mencakup pemungutan dan perhitungan di tingkat TPS secara umum berjalan lancar.

“Terdapat kendala sedikit, namun tidak menimbulkan sesuatu yang krusial sehingga pada umumnya masih normal” ujarnya.

Darsi mengungkapkan bahwa kendala kecil yang muncul adalah terkait masalah 22 kotak suara terbuka di Kelurahan 10 Ilir Kecamatan Ilir Timur III.  Darsi mengklarifikasi bahwa hal tersebut merupakan bentuk ketidakpahaman KPPS dimana KPPS memasukkan kedua Formulir C1 ke dalam kotak suara, yang semestinya 1 Formulir C1 tidak dimasukkan dan hanya diserahkan ke PPK sehingga pihak PPS membuka kotak suara untuk mengambil Formulir C1 untuk PPK tersebut.

“Formulir C1 yang berisi rekapitulasi suara yang semestinya di amplop dan diserahkan ke PPK, dan Formulir C1 yang memang dimasukkan ke kotak suara, ini semua dimasukkan ke kotak suara. Yang untuk PPK itulah yang diambil oleh PPS” jelasnya.

Darsi turut menegaskan bahwa hal terpenting adalah meskipun terdapat masalah seperti kesalahan administratif, namun selama proses di setiap tingkatan itu disaksikan oleh pengawas, saksi maupun pihak keamanan, dan terdapat pengawas maka hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

“Jangan sampai kesalahan ini mengubah hasil, kalau sampai mengubah hasil maka sudah masuk kategori pelanggaran pidana”

Hingga siang Panwaslu belum menerima laporan dari pengawas maupun laporan pengaduan dari saksi atau warga terkait pelanggaran dalam kegiatan pilkada di kota Palembang. Untuk saat ini Panwaslu terus melakukan pengawasan di setiap tingkatan terutama di tingkat PPK oleh Panwascam. Darsi mengharapkan Panwascam selalu mengawasi setiap proses rekapitulasi supaya hasil dari Pilkada diyakini kebenarannya oleh masyarakat.

Penulis: Dhona (3014417) Vino (3011617)
Editor: Yasmina (3001617)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *