Pancasila Dan Generasi Muda

Hari kelahiran Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni memang telah lewat beberapa hari yang lalu. Namun, Pancasila dalam aktualisasinya tak akan pernah berlalu. Hari ini dan seterusnya, Pancasila akan tetap menjadi ideologi dan tuntunan arah hidup bangsa Indonesia,  tak terkecuali untuk generasi muda bangsa Indonesia. Generasi yang diproyeksikan akan menjadi calon pemimpin-pemimpin bangsa 20 sampai dengan 30 tahun kedepan. Pemimpin dengan integritas dan roh pancasila yang hidup dalam setiap jiwanya.

Sekarang zaman telah berbeda, tidak banyak generasi muda yang tahu kapan kelahiran pancasila diperingati setiap tahunnya, bagaimana mengaktualisasikan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan apa yang harus dilakukan ketika ideologi bangsa diserang dari kiri dan kanan. Perlu pengorbanan yang begitu besar untuk mengembalikan marwah pancasila di kalangan kaum pemuda. Setiap detik, setiap hari, dan di setiap tempat pancasila wajib didengungkan kembali.

Foto Budi Suyanto (Tokoh Agama Mamuju)

Salah satunya adalah pesan yang disampaikan oleh Budi Suyanto, S.Ag., MA, Tokoh Agama di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, yaitu :

  1. Saat ini pemuda sangat gemar sekali menggunakan media sosial, maka dalam bersosmed pemuda dilarang untuk melecehkan nilai-nilai pancasila , seperti nilai persatuan, tidak menyebarkan hoax, dan tidak menyebarkan berita negatif lainnya.
  2. Selain itu, untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai Pancasila terutama di sekolah, pemerintah wajib mengadakan kembali pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.
  3. kepada para pengajar agar tidak hanya sekedar memberi materi pelajaran, namun juga memberikan wawasan dan nilai budi pekerti kepada para siswanya mengenai kehidupan pancasila

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *