Pilgub Sumsel 2018: Narasi Menebar Kebaikan Bersama Membangun Bumi Sriwijaya

 

26 Juni 2018 hingar bingar Pilkada serentak 2018 semakin terasa membahana. Kurang dari 24 jam akan diadakan perhelatan demokrasi yang akan menentukan arah mau dibawa kemana kemajuan untuk 5 tahun ke depan. Keesokan hari akan digelar pemilihan kepala daerah di 177 wilayah dengan rincian 17 Pemilihan Gubernur, 39 Pemilihan Walikota, dan 115 Pemilihan Bupati.

Tentunya pada gelaran akbar ini tidak ada yang menginginkan ternodai  oleh hal-hal yang dapat mengganggu lancarnya pesta demokrasi ini. Untuk hal ini dapat terwujud dengan baik perlu ada kesiapan dari semua pihak, baik dari penyelenggara, aparat keamana, tim pasangan calon, dan segenap masyarakat sekalian.

Ketua KPU Sumsel, Aspahani saat ditemui di Mapolda Sumsel pada senin 25 juni 2018 mengatakan untuk distribusi logistik sejauh ini berjalan lancar dan hampir 96% logistik sudah disebar sesuai kebutuhan dan diharapkan semua kelengkapan sudah ada di TPS pada esok selasa 26 juni.

Disinggung soal hitung cepat. Ia Mengaku sebagai pihak KPU tidak melarang, namun ia meminta untuk tidak menimbulkan masalah. “Kami tidak melarang tapi jangan timbulkan masalah”, ujarnya.

Di tahun ini KPU Sumsel menargetkan partisipasi pemilu sumsel diatas rata-rata nasional atau sekitar 77 persen. Karena itu, pihaknya selalu gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat menggunakan hak suaranya.

Dalam kesiapan pengamanan penyelenggaran ini,  Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menyatakan dari 16.903 TPS yang ada di Sumsel, mayoritasnya aman. TPS terbagi dalam kategori TPS aman, TPS rawan satu, dan TPS rawan dua. Namun ia memastikan semua TPS dalam penjagaan petugas kepolisian.

“Saya rasa Sumsel aman-aman saja pada pilkada nanti, karena masyarakat Sumsel ini cerdas dan santun. Namun petugas tetap siaga dari pemungutan suara hingga perekapannya”, tukasnya.

Charma Afrianto

Dalam menjaga pesta demokrasi ini juga dibutuhkan keseriusan dari peserta pemilu beserta pendukungnya untuk membulatkan tekad, pilgub sumsel damai demi kemajuan bersama. Ditemui di kantor pemenangan Ishak-Yudha di Jalan Basuki Rahmat, Charma Afrianto, Pembina Relawan Srikandi Biru menyatakan Pilgub Sumsel 2018 sangat unik karena euforia itu sudah sangat terasa di masyarakat karena disuguhi dengan alternatif pilihan yang cukup banyak. Relawan srikandi Biru di kota Palembang akan memantau pelaksanaan pilkada esok hari di kota palembang dengan total 150 relawan yang tersebar di 10 kecamatan di Kota Palembang.

Ia menghimbau agar semua masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dan turut mengawasi proses penyelenggaraan pilkada. Ia memprotes larangan untuk melakukan pemotretan hasil suara di TPS. “Persiapan dari KPU, Bawaslu, dan Aparat Keamanan sudah sangat bagus, saya menyatakan salut kepada semuanya. Tetapi tidak dapat dipungkiri masih ditemukan DPT ganda dan masih ada masyarakat yang belum menerima form undangan pencoblosan di Palembang yang ini merugikan semua pasangan calon” ujarnya.

 

Ahmad Murnadi

Ditemui di kantor pemenangan Aswari-Irwansyah, di bilangan Jalan Sumpah Pemuda,Ahmad Murnadi (Relation Officer Tim Pemenangan Aswari-Irwansyah)menyatakan Persiapan yang dilakukan oleh KPU, Bawaslu, aparat keamanan sangat memuaskan. “Kami merasa sangat puas atas kinerja penyelenggara dan keamanan serta Tim  Aswari-Irwansyah akan selalu berkomitmen untuk mentaati aturan yang telah ditetapkan”, pungkasnya.

Ahmad Murnadi menghimbau semua warga Sumsel yang mempunyai hak pilih agar datang ke TPS esok hari karena satu suara sangat menentukan kemajuan Sumatera Selatan lima tahun ke depan. “Secara pribadi dan bagian dari tim pemenangan salah satu paslon, saya menghimbau agar seluruh warga  Sumsel yang mempunyai hak pilih agar datang ke TPS esok hari karena satu suara sangat menentukan kemajuan Sumatera Selatan lima tahun ke depan”, pungkasnya.

Fauzi

Fauzi, Ketua Umum DPP Halilintar yang merupakan tim pemenangan paslon Dodi-Giri mengungkapkan bahwa kesiapan penyelenggara dan keamanan sudah sangat maksimal bahkan jika ada kelalaian pada hal kecil pun tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. “Penyelenggara dan keamanan sudah menunjukkan kinerja yang maksimal dalam mensukseskan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan esok hari, komitmen baik pun juga harus ditunjukkan semua peserta, pendukung, dan segenap masyarakat khususnya di Sumsel agar turut berperan aktif meensukseskan ajang pesta rakyat ini”, ujarnya.

Charma, Ahmad Murnadi, dan Fauzi menghimbau kepada seluruh elemen warga Sumsel agar mensukseskan serta menjaga keamanan, kelancaran, dan kenyamanan penyelenggaraan Pilkada yang akan dilaksanakan esok hari, siapapun pemenangnya adalah pilihan masyarakat Sumsel yang harus didukung untuk Bumi Sriwijaya yang semakin jaya.

Penulis : Rizal 30055134

Editor    : Clara 30055080

 

 

 

7 thoughts on “Pilgub Sumsel 2018: Narasi Menebar Kebaikan Bersama Membangun Bumi Sriwijaya

  1. Semoga pesta demokrasi ini menjadikan masyarakat berperan dalam proses menuju SumSel yang lebih baik!

  2. Proses penyelenggarannya udh luamayan manteppp, krjasamanya juga. Tpi tetap harus harus ada penjagaan yang ketat dan komunikasi yang baik untuk elemen2 penyelenggara yg terlibat agar tidak terjadi kecurangan untuk para calon

  3. Mantap, semoga pilkada serentak ini lancar di bumi sriwijaya, dan tidak menimbulkan konflik atas hasilnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *