Pilkada dan Kotak Kosong

 

surat suara

Pilkada Serentak 2018 sudah memasuki masa kampanye. Namun, ada 13 daerah yang hanya diikuti oleh calon tunggal. Beberapa pihak menilai adanya 13 calon tunggal akan menghilangkan proses demokrasi.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan KPU tak bisa melarang adanya pasangan calon tunggal dalam perhelatan Pilkada Serentak di 13 daerah tersebut. Nanti paslon tersebut akan melawan kotak kosong.

Masyarakat diperbolehkan menyoblos gambar paslon, maupun kolom kosong sebab keduanya punya kesetaraan. Masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuai yang diyakini.

Lalu apa yang terjadi jika pemenangnya adalah kotak kosong?

Menurut UU No. 10  Tahun 2016 Pasal 54D, apabila sang calon tunggal ditumbangkan oleh kolom kosong, maka sang calon tunggal harus menerima kekalahan dengan lapang dada, namun diperbolehkan ikut lagi di pemilu berikutnya, dan pemerintahan yang sedang menjabat akan menunjuk pelaksana tugas kepala daerah sampai pemilu kembali digelar.

Kampanye Kotak Kosong

Kampanye kotak kosong di Pilkada 2018 kini santer terdengar. Salah satunya di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, di mana diketahui hanya satu Balon yang dinyatakan lulus berkas yakni Ramlan Badawi dan Marthinus. Sedangkan Balon lainnya Obed Nego Depparinding-Benyamin YD tidak cukup kursi pendukung. Menurut Ketua KPU Mamasa, tidak ada aturan yang melarang partai atau perseorangan untuk mengkampanyekan kotak kosong. Pasalnya tidak ada regulasi yang melarang hal tersebut, sehingga sah-sah saja dilakukan.

14183842_1226296564100536_4488771427217259062_n.jpg

 

Brian Jefnico, Wakil Ketua Pemuda Gereja Kristen Sulawesi Barat (GKSB) menghimbau agar kampanye dilaksanakan dengan damai dan sesuai aturan.

“Adanya kotak kosong adalah sebuah bentuk demokrasi dimana rakyat tetap memiliki hak untuk memilih, namun jangan jadikan kotak kosong sebagai bentuk “perlawanan” karena tidak menyetujui Paslon tunggal atau sakit hati karena Bacalon andalan tidak bisa maju ke Pilkada 2018,” ungkap Brian saat ditemui di GKSB, 7 Juni 2018.

Brian menghimbau agar masyarakat dan partai pendukung kotak kosong menyuarakan pilihannya sesuai aturan yang berlaku dan tidak mengganggu kamtibmas. Pemasangan banner/baligo sebaiknya tidak dilakukan di tempat yang tidak seharusnya. Kampanye kotak kosong ini seharusnya bersifat sebagai sosialisasi dan bukannya memaksakan agar seluruh masyarakat menjatuhkan pilihannya pada kotak kosong. Dengan demikian, maksud awal dari diciptanya kotak kosong itu sendiri -yakni demokrasi- akan dapat diimplementasi.

-anna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *