Surat Terbuka BEM KM Unmul dalam Pilkada 2018

Samarinda. Pilkada serentak sebentar lagi akan dilaksanakan yaitu tepatnya pada Tanggal 27 Juni 2018. Seluruh elemen masyarakat diharapkan menggunakan Hak Suaranya dalam gelaran akbar Pemilu di Indonesia tersebut karena tentunya setiap suara akan menentukan nasib dan masa depan daerah masing-masing, tidak terkecuali di wilayah Kalimantan Timur.

Salah satu Universitas Favorit yaitu Universitas Mulawarman melalui Ketua BEM KM (Rizaldo) mengingatkan warga negara harus menjaga nilai-nilai demokrasi dan menolak apapun bentuk politik uang utamanya sebagai komitmen mahasiswa dalam mengawal demokrasi hingga tataran desa. Jika ada temuan, maka segera laporkan ke panwas kecamatan, panwaslu kota maupun Bawaslu provinsi.  Untuk itu, mengingat Pilkada pemilihan Gubernur Kalimantan Timur yang akan di laksanakan Pada 27 Juni 2018 dan mengingat peraturan perundangan-undangan terkait dengan larangan-larangan pemerintahan desa/kelurahan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum, mereka pub mengeluarkan surat terbuka kepadamasyarakat yang isinya:

Maka, kami dari BEM KM Universitas Mulawarman kembali mengingatkan dan menegaskan kepada Bapak/Ibu Lurah agar :

1. Menjaga netralitas lembaga pemerintahan desa dari praktik-praktik politik praktis.
2. Tidak terlibat dalam agenda politik untuk memenangkan salah satu pasangan calon, apalagi menggunakan dana desa untuk kampanye.
3. Menginstruksikan kepada Ketua RT/RW untuk tidak mengerahkan atau memobilisasi dan mengintervensi warganya untuk memilih salah satu pasangan calon sebagaimana prinsip LUBER JURDIL (Langsung,Bersih,Jujur,Adil).
4. Tidak melakukan pelanggaran politik uang, transaksional, suap ataupun gratifikasi.
5. Menjaga Ketertiban dan Keamanan warga saat pemilihan.

BEM KM Universitas Mulawarman kemudian akan menjadi bagian dari pemantau aktivitas pemerintahan desa/kelurahan beserta jajarannya serta akan mengambil jalur hukum jika diketahui terdapat pelanggaran perangkat desa/kelurahan dan RT/RW atau oknum di lembaga tertentu & terkait yang melakukan pelanggaran,sebagaimana amanat undang-undang.

Tentunya peran mahasiswa Unmul sebagai Universitas Favorit di Provinsi Kalimantan Timur sangatlah besar untuk kembali menyuarakan bagaimana pentingnya efektifitas demokrasi untuk kemajuan bersama.

 

Penulis dan Editor : Jhoni S. 30007117

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *