Jabat Erat Lintas Generasi di Inaugurasi HMI KAFEIS Ciputat

“HMI ada dimana-mana tapi HMI tidak kemana-mana”. Slogan yang sangat familiar di benak para kader dan alumni HMI. Ini sebagai isyarat bahwa seberapa lama pun secara administrasi dan konstitusional tidak lagi menjadi seorang kader HMI, bahwa semangat Keislaman-Keindonesiaan yang visioner selalu dipegang teguh para alumni HMI dimana pun medan juang mereka berada. Dilihat dari sudut pandang yang lain, slogan yang susah ditelusuri asalnya itu menandakan bahwa organisasi mahasisswa Islam yang terbesar dan tertua ini memiliki alumni yang berkiprah dalam berbagai sendi-sendi kehidupan yang tersebar dari sabang samapai merauke hingga ke kancah internasional.

HMI bukanlah seorang anak kecil cengeng yang hanya bisa merengek kepada pendahulunya (alumni-red) dan Alumni HMI bukanlah seorang sosok yang tak luput dari kelalaian layaknya malaikat atau pahlawan yang gila hormat yang kiprahnya tidak mampu disamai bahkan dilewati oleh penerusnya. Termaktub pada pasal 57 poin b ART HMI bahwa “HMI dan Alumni HMI memiliki hubungan aspiratif”. Sedangkan pada pasal 57 poin c “Alumni HMI berkewajiban tetap menjaga nama baik HMI, meneruskan misi HMI di medan perjuangan yang lebih luas dan membantu HMI dalam merealisasikan misinya”.

Jelas tertulis dan tampak nyata keakraban HMI dan Alumni HMI adalah hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Kewajiban untuk meneruskan misi HMI masih dipegang teguh oleh alumni HMI. Mengingat hal tersebut maka pengurus HMI Kafeis Cabang Ciputat mengadakan gathering alumni di rangkaian acara Inaugurasi peserta LK 1 HMI Kafeis pada tanggal 25 Agustus 2018 bertempat di Villa Cirendeu, Tangerang Selatan.

Diharapkan peserta inaugurasi dan kader HMI Kafeis secara umum dapat mengambil inspirasi positif dari sharing alumni pada momen gathering tersebut. Penggembelengan di kawah candradimuka inilah yang membuat banyak orang-orang besar dilahirkan dari rahim HMI. Keseimbangan antara kemampuan akademis yang didukung dengan bekal organisasi berupa kompetensi berpikir kritis, analitis, serta tanggap terhadap isu-isu sosial membuat kader HMI siap terjuan ke medan juang yang nyata setelah menyelesaikan studinya.

“Tidak ada alasan bagi seorang kader HMI untuk tidak aktif di HMI karena alasan kuliah, karena keduanya berjalan sinergi dan kita memiliki banyak waktu kosong selain kegiatan akademis”, ujar Sugih Waluya Romdlon pada sesi sharing alumni.

Inaugurasi LK 1 HMI Kafeis merupakan momen pelantikan dan pengikraran resmi menjadi seorang kader HMI. Mereka adalah orang-orang yang telah lulus mengikuti pelatihan formal yaitu Latihan Kader 1 (Basic Training) HMI. Tidak mudah untuk menjadi seorang kader HMI, hanya orang-orang terpilih dan memiliki kompetensi serta semangat juang yang tinggi yang sanggup melewati berbagai jenjang pelatihan di HMI. Pasca disahkan sebagai seorang kader HMI maka secara formal telah sah untuk mengemban misi keumatan dan kebangsaan yang menjadi titik fokus HMI menuju masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah, SWT.

Tidak hanya itu, pada rangkaian inaugurasi ini juga diadakan berbagai macam perlombaan yang tidak kalah serunya. Bahwa kita harus selalu menjalin keakraban dan tidak selalu dibelenggu oleh rutinitas yang monoton dan membosankan. HMI adalah segalanya, mau serius ayoo, seru-seruan ayooo.

Yakin Usaha Sampai

Rizal 30055134

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *