Gempa Magnitude 3,5 SR Mengguncang Muara Teweh, Kalimantan Tengah

Nusantararesearch.com, Muara Teweh – Telah terjadi gempa dengan kekuatan 3,5 di Muara Teweh. Menurut Sudarmono (Kepala BMKG Barito Utara) bahwa BMKG Barut menerima informasi dari BMKG-BKB Stasiun Geofisika Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 31 Januari 2019, pukul 09.38 WIB, di wilayah Kab. Barut telah terjadi gempa berkekuatan 3,5 skala Richter (SR) akibat adanya sesar (patahan) lokal. Koordinat gempa terletak pada 0,83 Lintang Selatan dan 114,88 Bujur Timur atau tepatnya pada jarak 12 kilometer sebelah utara Kota Muara Teweh dengan kedalaman 10 kilometer. Berdasarkan hasil monitoring BMKG, gempa belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Selain di Kota Muara Teweh, gempa juga dirasakan di Kelurahan Jambu dan Jinggah, Kecamatan Teweh Baru, dan Dusun Transbandep, Kecamatan Teweh Selatan. Sampai saat ini belum terinformasi adanya warga yang melaporkan kerusakan akibat gempa yang terjadi.

Walaupun Kalimantan Tengah dikenal aman dari gempa dan tsunami, namun tercatat beberapa kali gempa terjadi di wilayah Kalteng, yakni di Kab. Barut dan sekitarnya pada 6 Juli 2016 dengan skala 4,5 SR, dan yang terakhir adalah getaran gempa yang dirasakan di wilayah Kab. Katingan pada 11 Juli 2018.

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *