Upaya Pemerinah Dalam Pembebasan Tarif Ekspor ke Sejumlah Negara

Nusantararesearch – Indonesia tengah mengupayakan kemudahan perdagangan berupa pembebasan tarif ekspor ke sejumlah negara-negara tujuan ekspor seperti Amerika Serikat, China dan Afrika. Kemudahan perdagangan seperti Generalized System of Preferences (GSP) yang diberikan oleh Amerika Serikat dapat strategi dini dalam peningkatan kinerja ekspor dan bertahan di tengah kondisi ekonomi global saat ini.

Menurut Menteri Kementerian Perdagangan Enggartiasto Lukito, saat ini sebanyak 3.546 produk Indonesia memperoleh fasilitas GSP berupa eliminasi tarif bea masuk hingga 0 persen dari Amerika Serikat. Proses evaluasi yang dilakukan AS terhadap status Indonesia sebagai negara penerima GSP saat ini masih berjalan. Dengan demikian, berbagai fasilitas terkait GSP yang diterima oleh beragam komoditas yang diekspor dari RI ke AS juga masih berlaku.

Di negara China, Jika daya beli dan vitalitas ekonomi China terus melambat pada 2019, Indonesia akan menghadapi masa-masa sulit untuk merangsang ekonominya melalui ekspor. Sebab, persaingan untuk memasuki pasar China semakin ketat karena permintaan China akan barang-barang global kian menyusut. Jika Indonesia tidak melakukan efisiensi dalam proses ekspor ke China, maka permintaan barang dari Indonesia bisa terancam. Konsumen China akan lebih banyak menuntut terhadap kualitas produk yang diimpor ke negaranya, sehingga pemerintah Indonesia diharapkan memberitakan perhatian lebih kepada konsumen China karena China bisa saja memberlakukan lebih banyak kebijakan nontarif untuk beberapa komoditas yang diekspor oleh Indonesia.

Selain Amerika dan China, upaya Indonesia dalam peningkatan dan kemudahan ekspor juga dilakukan bersama dengan Afrika, perundingan Perjanjian Perdagangan Preferensial (PTA) antara Indonesia dan Mozambik (Afrika Selatan) yang telah dibahas dalam dua putaran sejak April 2018, ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2019.

Melalui perjanjian dagang ini, diharapkan Indonesia bisa memperoleh nilai tambah berupa pembebasan tarif untuk produk jadi sebesar 25%. Melalui PTA tersebut, kedua negara akan mengatasi hambatan tarif berkisar 25% untuk produk jadi dan 10% untuk produk setengah jadi.

Selain itu, Indonesia juga mengusulkan sebanyak 100 produk diberi pembebasan tarif ekspor, termasuk diantaranya komodiutas minyak sawit dan tekstil. Mozambik akan menjadi negara strategis untuk masuknya produk-produk Indonesia ke Afrika. Selain Mozambik, Indonesia juga sedang melakukan negosiasi PTA dengan Tunisia, sebagai salah satu pasar non-tradisional yang ingin digarap di Afrika.

Isu perang dagang antara Amerika Serikat dan China telah memberikan dampak perekonomian yang tidak menentu pada Indonesia. Untuk menghindari dampak negatif, pemerintah harus menemukan celah seperti yang menguntungkan bagi aktivitas perdagangan global Indonesia. Kementerian Perdagangan perlu terus berkomunikasi dengan pihak Amerika Serikat untuk mempertahankan program Generalized System of Preferences (GSP) yakni berupa pembebasan tarif ekspor. Selain itu, saat ini harga barang-barang yang masuk ke Amerika Serikat memiliki harga tinggi sehingga pemerintah juga dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk memperluas pasar ekspor di Amerika Serikat melalui Free Trade Agreement (FTA).

Perjanjian-perjanjian yang telah dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara tujuan ekspor perlu terus dikaji dan dievaluasi karena hal ini penting bagi kedua belah pihak untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang saling menguntungkan, terutama kebijakan nontarif bagi Indonesia.

Pemerintah perlu melakukan koordinasi secara baik dan berkelanjutan agar kebijakan nontarif dapat terus diterima oleh pemerintah Indonesia. Sementara untuk upaya perjanjian-perjanjian yang saat ini masih diusahakan oleh pemerintah seperti di negara-negara wilayah Afrika, pemerintah juga perlu untuk terus berkoordinasi secara intensif agar pihak negara-negara calon tujuan ekspor tersebut bersedia menerima pengusulan pembebasan tarif ekspor yang diusulkan oleh pemerintah Indonesia.

Penulis : Mutiara A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *