Kebakaran Meluas, Gubernur Riau Tetapkan Status Siaga Darurat

Penetapan Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau

Kebakaran hutan dan lahan masih menjadi permasalahan utama yang harus menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi Riau. Sepanjang tahun 2019 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sudah 841,71 Ha yang mengalami kerusakan akibat kebakaran.

Disisi lain BMKG memprediksi pada Bulan Mei-Agustus wilayah Prov. Riau akan memasuki musim kemarau. Hal ini tentu akan berdampak pada semakin mudahnya penyebaran api terlebih lagi hotspot di Prov. Riau yang terus meningkat jumlahnya.

Atas dasar tersebut Gubernur Provinsi Riau, Wan Thamrin Hasyim, menetapkan Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau. “Status Siaga Darurat kebakaran hutan dan lahan ditetapkan sejak hari ini (19 Februari 2019) hingga 31 Oktober 2019.,” ujar Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim.

“Curah hujan di Riau ini masih sedikit dan tidak lebat. Diprediksi musim kemarau akan datang pada bulan Mei atau Juni. Kita tetapkan status lebih awal,” ucap Wan.

Dengan ditetapkannya status siaga darurat karhutla juga diharapkan dapat meningkatkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau

Penulis: AP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *