Lebih Humanis, Kampanye Calon Legislatif Tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Utara

Kegiatan Kampanye door to door Caleg PAN, Cintia Manes di Kota Manado

Masa kampanye Pemilu 2019 (Pileg dan Pilpres) masih berlangsung hingga 13 April 2019 mendatang, hal tersebut dimanfaatkan bagi Partai Politik untuk mensosialisasikan calon anggota legislatifnya untuk memaparkan visi misinya kepada masyarakat. Seperti halnya pada 10 Februari 2019 terdapat beberapa Partai Politik mengadakan kampanye yang tersebar di berbagai penjuru Provinsi Sulawesi Utara. 

Kampanye dialogis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan(PDI-P) di Kota Kotamobagu dihadiri Meydi Makalalag, Ketua DPC PDI-P Kotamobagu yang juga merupakan Caleg DPRD Kotamobagu dari Partai berlambang banteng tersebut. Tokoh politik PDI-P Jemy Tjia, Wahid Makalalag, S.T. Sako, Norma Makalalag (Caleg DPRD Provinsi Sulut), dan Sri Wahyuni Makalalag (Caleg DPRD Kotamobagu) menekankan kepada masyarakat agar jangan terpecah belah hanya karena Pemilu.

Beda halnya dengan PDI-P, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengadakan kampanye di Kecamatan Tuminting, Kota Manado yang diisi dengan kegiatan bakti sosial membersihkan sampah sisa banjir pada 1 Februari silam. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Hj.Fatma Bin Syekh Abubakar (Caleg DPRD Kota Manado dari PPP Dapil Tuminting-Bunaken-Bunaken Kepulauan). Selain di Kota Manado PPP juga mengadakan kampanye pada hari yang sama di Kota Bitung, kampanye dalam bentuk pertemuan terbatas yang dihadiri Drs. Lukman Lamato, MSc (Ketua DPC PPP Kota Bitung), Irwan Maming (Wakil Ketua DPC PPP Kota Bitung), Fahri Lamato, SH (Ketua Tim Kampanye Pemenangan PPP Kota Bitung), Caleg DPRD Propinsi Sulut Dapil II Bitung – Minut (Yunita Dumbi, S.Sos, Sening Hayati, Hairudin Talib, Rafika Katili, Ruanti Burudji, SE), dan Caleg DPRD Kota Bitung Dapil I Kota Bitung (Muhammad Rasubala, Abidin Wartabone, Safrudin Rauf, Ricca Rahman, SE).

Yang unik, Partai Amanat Nasional (PAN) menyelenggarakan kampanye dengan blusukan door to door untuk langsung berinteraksi di beberapa rumah masyarakat yang berada di sekitar lokasi kampanye sebelum berdialog dan memaparkan visi misi. Cintia Manes (Caleg DPRD Dapil Sario-Malalayang) yang ditemani Bobi Daud (Ketua DPP PAN Kota Manado) mengatakan, “kaum milenial harus diajak untuk berpartisipasi karena hak suara mereka sangat berharga untuk lima tahun kedepan”, Caleg perempuan berkulit putih itu menambahkan, “saya mengajak masyarakat, khususnya milenial untuk tidak sembarangan langsung memposting berita yang diterima.”

Kampanye Partai Perindo di Kecamatan Tikala Kota Manado dihadiri Aditya Pelealu (Caleg DPRD Kota Manado) dan Meitha R. Lumentut (Caleg DPRD Provinsi Sulut) berlangsung kondusif. Sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengadakan kampanye dialogis di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dihadiri Gunawan Haamole (Caleg DPRD Kab. Bolsel dari PKB nomor urut 2 Dapil 1).

Istilah marketing, memang berbeda Partai berbeda pula cara mempromosikannya. Sah-sah saja apabila berbagai macam cara dilakukan Partai politik untuk mengundang simpati dari masyarakat selama tidak melanggar Undang-Undang. Sejauh ini kampanye di Provinsi Sulawesi Utara tergolong aman, namun persaingan secara sehat tetap harus dijaga untuk menciptakan Pemilu 2019 yang bersih dan damai.

Penulis: Ina/Udin

Editor: Joy

Antusiasme warga menghadiri kampanye PDI-Perjuangan di Kota Kotamobagu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *