Penerimaan PPPK di Sultra Masih Terkendala Anggaran

Kendari. Pemerintah melalui MenPAN-RB akhirnya merilis jadwal penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan diselenggarakan pada tahun ini. Tahapan seleksi akan dimulai besok yakni tanggal 8 Februari 2019 yang ditandai dimulai dengan rilis Pengumuman Penerimaan PPPK. Rencananya, akan dibuka sekitar 150.000 lowongan dengan formasi Tenaga di Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Penyuluh Pertanian.

Namun, bagaimana dengan Pemkot Pemkab di wilayah Sulawesi Tenggara ? Hingga saat ini, beberapa daerah masih ragu dalam membuka lowongan yang rencananya akan diumumkan besok. Sejauh ini terdapat Pemda yang menyatakan bahwa belum siap untuk melakukan perekrutan karena sistem penggajian yang masih belum terselesaikan oleh Pemerintah Pusat.

Burhanuddin A. HS Noy selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana menyatakan masih belum ada dasar hukum yang jelas terkait penerimaan PPPK. Rustam selaku Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia/BPSDM Kab Muna juga menyatakan hal serupa sehingga pihaknya masih ragu dalam membuka lowongan tersebut.

Sulkarnain mewakili Kota Kendari selaku Walikota juga mengatakan bahwa anggaran penerimaan PPPK belum masuk ke dalam APBD tahun 2019 sehingga belum ada pos terkait penerimaan tersebut. Sementara untuk Kabupaten Konawe Kepulauan, Umar selaku Plt Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia/BKPSDM Konawe Kepulauan mengatakan bahwa memang di Pemkab KonKep belum ada anggaran yang akan memfasilitasi gaji dari PPPK

Perlu diketahui, Sebelumnya pada 31 Januari 2019, Syafruddin (Menteri PAN-RB) mengatakan bahwa kepala-kepala daerah sebelumnya telah salah persepsi menanggapi perekrutan PPPK. Pemda berpikir jika gaji PPPK akan ditanggung oleh pemda. Sementara status PPPK adalah ASN, sehingga sumber penggajian PPPK adalah APBN hanya saja akan ditransfer ke daerah dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU). Hal ini telah diketahui oleh Pemda dan hampir 50% Pemda akhirnya siap melakukan rekrutmen.

(JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *