Pertumbuhan Ekonomi Sultra Tahun 2019 Diprediksi Meningkat

Kendari. Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sulawesi Tenggara diprediksi akan mengalami peningkatan, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu Suharman Tabrani. Dalam wawancara kepada dirinya oleh Zonasutra.com, Dirinya menyatakan bahwa kemungkinan pertumbuhan ekonomi Sultra akan meningkat dibandingkan dengan tahun 2018. Tahun 2018 pertumbuhan ekonomi sultra tercatat sebesar 6,42 persen (Berdasarkan Data BPS Sultra). Sementara untuk tahun 2019, pertumbuhan ekonomi akan mencapai angka lebih tinggi yaitu berada pada kisaran 6,8 hingga 7,2 persen. Peningkatan tersebut diprediksi karena beberapa hal diantaranya:

  1. Pelaksanaan Hajatan Pemilu tahun 2019 yang tentunya akan meningkatkan pembelanjaan yang dilaksanakan oleh pihak-pihak terkait, baik KPU ataupun dari peserta Pemilu. Akan terjadi transaksi Belanja langsung berupa pembelian barang dan jasa untuk kegiatan tersebut seperti Alat peraga kampanye dan logistik lainnya.
  2. Proyek-proyek Strategis di Kawasan Sulawesi Tenggara akan segera beroperasi seperti Kendari New Port yang rencananya akan disahkan oleh Bapak Joko Widodo pada Maret 2019 mendatang. Proyek Bendungan Ladongi yang juga dikatakan sudah sampai tahap pengerjaan 32 persen. Proyek lainnya yaitu pembangunan rumah sakit jantung, pembangun perpustakaan bertaraf internasional, pembangunan kawasan wisata Toronipa, dan pembangunan jembatan penghubung Pulau Muna dan Buton. Tentu proyek-proyek tersebut akan meningkatkan volume transaksi di Bumi Anoa.
  3. Aktifnya sejumlah Smelter di Sultra, sebagai contoh pembangunan Smelter milik PT VDNI Morosi yang diperkirakan tahun 2019 ini akan beroperasi penuh

Mantan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan tersebut juga menuturkan adanya penghambat pertumbuhan ekonomi seperti Perang Dagang antara Cina dan Amerika Serikat yang hingga saat ini masih terjadi. Faktor lainnya adalah kekuatan kurs mata uang Yuan yang mengalami penurunan.

Namun dirinya optimis bahwa pertumbuhan ekonomi sultra akan membaik pada tahun ini.

(JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *