IAIN Bengkulu Tuan Rumah International Meeting AIUA

Bengkulu. Sebagai salah satu lembaga institusi akademik anggota Asian Islamic Universities Association (AIUA), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dalam International Conferrence and 10th Meeting of AIUA pada 27 – 30 Maret 2019 di Hotel Grage Horizon yang dihadiri oleh beberapa negara yaitu Brunei, India, Malaysia, Maladewa, Filipina, dan Thailand.

 

International Meeting ini merupakan sebuah wadah bagi para anggota AIUA dalam bertukar pikiran, ide, gagasan, pendapat, dan program untuk membangun peradaban manusia yang lebih baik di generasi selanjutnya. “Melalui kegiatan ini, kita akan saling bertukar pikiran dan program untuk bisa membangun peradaban Asia dan Global dalam rangka menciptakan kedamaian di dunia”, tutur Wakil Sekretaris Jenderal AIUA, Prof. Nordin Kardi yang hadir memberi sambutan mewakili Presiden AIUA, Yudian Wahyudi yang juga hadir dalam forum tersebut.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah sebagai orang nomor satu di Bengkulu menyambut baik agenda internasional tersebut dan mengajak para tamu undangan yang hadir untuk memanfaatkan momentum ini sebagai sarana membangun peradaban Islam yang maju dan modern. Dirinya mengatakan bahwa era industri 4.0 yang sedang kita hadapi saat ini menuntut kerja sama dari semua pihak termasuk dari kalangan universitas sebagai sumber ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Beberapa minggu yang lalu, dunia terutama Umat Islam digegerkan dengan tindakan teror oleh ekstrimis Australia dengan melakukan penyerangan menggunakan senjata api di Masjid yang terletak di Christchurch New Zealand. Hal tersebut membuktikan kepada seluruh dunia bahwa strereotip teroris yang melekat pada Agama Islam ternyata tidak benar. Direktur Kerjasama Sosial Budaya ASEAN Kemenlu RI, Riaz Januar Putera Saehu dalam sambutannya menghimbau kepada Muslim yang ada di Asia Tenggara untuk bersatu dalam menetralisir ketakutan global yang sudah dibuat oleh para terorisme tersebut dan menunjukkan bahwa Islam adalah Agama Rahmatan Lil Alamin.

Nusares.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *