Kehadiran Moeldoko dalam Acara Konsolidasi dan Festival Nelayan Tradisional Buton

Buton. Jendral TNI Purnawiranan Moeldoko, S.Ip. menghadiri acara konsolidasi dan festival nelayan tradisional yang diadakan oleh Persatuan Nelayan Tradisional (PANETRA) Buton pada Hari Senin, 4 Maret 2019. Acara tersebut diawali dengan kedatangan Moeldoko bersama sama nelayan tradisional dengan menggunakan perahu nelayan dari Pelabuhan Banabungi menuju tempat acara di daerah Kondowa, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Dalam sambutannya, Moeldoko menyampaikan antusiasmenya mengikuti acara tersebut. “Kami akan sampaikan persoalan-persoalan nelayan ini, dan berkordinasi dalam kesempatan pertama dengan Menteri Kelautan karena ini tugas dari beliau”, ucapnya. Staf Kepresidenan RI pun memiliki program yang dinamakan Kepala Staf Mendengar, yang tujuannya untuk menerima aspirasi langsung dari masyarakat di lapangan untuk dibandingkan dengan kinerja para menteri.

Mantan Jendral TNI itu pun turut menyampaikan perkembangan hasil kinerja pemerintahan Bapak Joko Widodo selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. “Jokowi itu cinta rakyat kecil, termasuk juga nelayan tradisional”, tegas beliau. Program Jokowi yang telah berjalan untuk nelayan tradisional seperti adanya Anggaran asuransi nelayan untuk 500.000 nelayan kecil per tahun, Bank mikro nelayan untuk penyaluran dana kredit, membebaskan Perizinan bagi kapal skala kecil serta Penindakan tegas terhadap kapal-kapal ilegal.

La Janaali selaku Ketua Persatuan Nelayan Tradisional pun mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Bapak Jendral Moeldoko karena sudah berkesempatan menghadiri acara tersebut. “Acara ini bertujuan untuk menjembatani persoalan nelayan, utamanya di Kabupaten Buton, agar tersalurkan hingga ke pemerintah pusat”, ucapnya. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan pemerintah pusat mampu menerima aspirasi dan mempertahankan hak-hak kami, para nelayan tradisional.

Acara ditutup dengan pemberian Gelar CINAU untuk Jendral Moeldoko dan acara hiburan. Jendral Moeldoko pun turut menyumbangkan sebuah lagu untuk masyarakat bersama dengan artis Sheila.

(JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *