Sinergitas Pimpinan Daerah Kabupaten Buton Dalam Mensukseskan Pemilu 2019

BUTON. Bertempat di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, dilaksanakan kegiatan Rapat Kordinasi pemilu yang diikuti oleh elemen-elemen penting dalam Penyelenggaraan Pemilu seperti Polres, Kodim, Pemda, KPU, Bawaslu dan Kejaksaan Negeri Buton. Rapat yang mengambil Tema “Pilihan Boleh Beda, Persatuan dan Kesatuan Bangsa Harus Kita Jaga” turut mengundang partisipasi masyarakat yang diwakili oleh para camat, kepala desa, serta tokoh-tokoh agama dan masyarakat yang diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya partisipasi mereka dalam ajang demokrasi tersebut.

Kegiatan Rapat dibuka oleh Drs. La Bakry selaku Bupati Kab. Buton, dan dirinya menegaskan bahwa Kabupaten Buton menargetkan partisipasi pemilu sebanyak 80%. “Pilkada terakhir tahun 2018 kita sudah berhasil mencapai angka 70%, nah tahun ini kita harus mampu meningkatkan angka tersebut minimal pada angka 80%”, tegasnya saat diwawancarai di sela-sela acara.

AKBP Andi Herman, S.I.K. selaku Kapolres Buton juga menuturkan bahwa Kepolisian siap mengawal ajang demokrasi besar nasional ini. Sementara Letkol Inf. Davy Darma Putra selaku Dandim 1413/Buton menegaskan bahwa TNI siap menjaga netralitasnya dan bertindak profesional dalam perhelatan ini. E.R. Wiranto, S.H. selaku Kepala Kejaksaan Negeri Buton, mengatakan siap melakukan penegakan hukum dan akan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, terkait kegiatan pemilu 2019.

Kegiatan juga dibarengi dengan pemberian penghargaan bagi Desa-desa dengan Partisipan Pemilu terbanyak tahun 2018, diantaranya Desa Kaongkeongkea – kec. Pasarwajo 90,33%, Desa Bajo Bahari – kec. Wabula 86,21%, dan Desa wambulu – kec. kapontori 86,15%.

(JS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *