Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh MPR-RI dan KNPI

BUTON. Bertempat di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, hari Sabtu (23/3/2019) MPR-RI bekerja sama dengan DPD KNPI Buton guna mensosialisasikan pentingnya 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan tersebut diisi oleh Ir. Wa Ode Hamsinah Bolu, M.Si. selaku perwakilan Anggota MPR-RI, dan sebagai pemateri yaitu Drs. H. Andi Tenri, M.Si. yang juga berprofesi sebagai Dosen di Universitas Dayanu Ikhsanuddin/Unidayan.

Di hadapan kurang lebih 200 peserta acara, Wa Ode Hamsinah Bolo menyampaikan bahwa Acara ini dilaksanakan sesuai dengan pasal 5 huruf a dan b UU No 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD dimana MPR ditugaskan untuk memasyarakatkan ketentuan MPR, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut adalah warisan para pendiri bangsa yang harus dipahami dan diimplementasikan dalam berbagai dimensi strategis kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara guna mewujudkan kekuatan bangsa tersebut.

“Kami dari MPR RI berharap kita tetap mampu melestarikan nilai-nilai keindonesiaan kita tetapi juga dapat merespon secara positif berbagai pengaruh kekuatan yang berpotensi melemahkan jati diri bangsa Indonesia”, tegasnya.

Sementara itu Drs. H. Andi Tenri, M.Si. menyampaikan Bahwa Pemuda adalah salah satu faktor penggerak terpenting dalam dinamika sebuah negara. Generasi sekarang akan melanjutkan perjuangan Indonesia paling tidak akan terlaksana efektif dalam 20 tahun ke depan.

Dosen Ilmu Sosial dan Politik tersebut menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI menjadi sangat penting karena masih banyak penyelenggara negara dan masyarakat yang belum memahami dan melaksanakan nilai-nilai empat pilar MPR RI.

Muhammad Risman/Wakil Ketua DPD KNPI Buton menyampaikan bahwa dirinya berterima kasih kepada masyarakat terutama pemuda kabupaten buton yang telah bersama-sama hadir dalam kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaaan.

“Semoga, apa yang telah menjadi agenda rutin MPR-RI dalam rangkah mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan dapat di terapkan terutama kepada pemuda yang mayoritas perwakilan OKP, paguyuban pemuda di kelurahan dan desa dapat menjadikan dasar-dasar dalam bermasyarakat”, tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *