Kunker RI 1 ke Manado: Tak Hanya Meresmikan Proyek, Jokowi Juga Hadiri Konferensi Gereja Hingga Ngopi Ala Milenial

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bersama Ibu Negara dalam kunjungan kerja di Kota Manado pada 31 Maret hingga 1 April 2019 melaksanakan beberapa agenda kegiatan. Rombongan RI 1 mendarat di Bandara Sam Ratulangi pukul 17.30 WITA setelah sebelumnya orang nomor satu di Indonesia itu berkampanye di Kota Makassar. Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden beserta rombongan dijadwalkan mengunjungi beberapa tempat di Kota Manado, diantaranya menghadiri acara Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) di Hotel Sutan Raja Manado yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara, mengunjungi tempat ngopi di Jalan Roda (Jarod), dan agenda terakhir di Bandara pada keesokan harinya yaitu peresmian proyek strategis sebelum Presiden Jokowi melanjutkan kunjungannya ke Papua.

Dalam perjalanannya menuju ke Hotel Sutan Raja, Presiden Joko Widodo menyempatkan berhenti menyapa dan berswafoto dengan masyarakat Manado yang telah memenuhi sepanjang jalan menuju ringroad Manado. Kegiatan silaturahmi dengan KGM PGI dihadiri oleh Olly Dondokambey, Forkopimda, dan sekitar 4000 orang peserta dari perutusan gereja-gereja di Indonesia. Beragam tanggapan diperoleh dari peserta acara tersebut salah satunya Janny Fonny Kaunang yang merupakan Perwakilan PGI Minahasa senang dengan kehadiran Presiden dalam acara yang dilaksanakan lima kali dalam setahun, “kehadiran Presiden merupakan hal yang luar biasa, yang mana Presiden dianggap memiliki perhatian khusus terhadap PGI dan hal tersebut dapat dijadikan simbil toleransi.

Tidak hanya menghadiri acara formal KGM PGI, malam harinya Jokowi juga melipir ke kawasan wisata kuliner di Jalan roda atau lebih banyak dikenal dengan istilah Jarod yang menjajakan kopi di sepanjang kawasan tersebut. Jokowi yang didampingi Pangdam XIII/Merdeka (Mayjen Tiopang Aritonang) dan Kapolda Sulut (Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto) dengan sabar melayani swafoto dengan masyarakat yang telah mengerumuni kawasan tersebut sejak sore hari. Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kota manado ditutup dengan peresmian beberapa proyek dengan penandatanganan prasasti pada (01/04) pukul 08.20 WITA diantaranya:

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan.
  2. Kawasan Ekonomi Khusus Bitung.
  3. Kawasan Ekonomi Khusus Morotai
  4. Rumah Susun Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT).
  5. Rumah Susun IAIN Manado.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Menko Perekonomian RI (Darmin Nasution) didampingi Sesko Menteri Perekonomian (Susiwijono, S.E, M.E), dan Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (Enoh Suharto Pranoto). KEK Morotai sudah siap hanya tinggal pematangan saja sedangkan bandara Morotai dibangun guna memudahkan investor. Tol Manado-Bitung ditargetkan Oktober maksimal dapat beroperasi normal Pembangunan KEK dan infrastruktur tersebut bertujuan untuk memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia.

Penulis: Ina

Editor: Roni

Presiden RI meresmikan Proyek Nasional yang ada di Sulawesi Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *