Mahakam Ulu Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran

Kepala Dinas Perhubungan Mahakam Ulu, Toni Imang

 

NUSANTARARESEARCH-Menjelang libur hari raya Idul Fitri 1440 H, Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) telah melakukan persiapan untuk memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik tahun ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Mahulu, Toni Imang, saat ditemui dikantornya (27/5).

“Kami telah membentuk tim gabungan yang terdiri dari Dishub Mahulu, TNI/Polri, dan pihak-pihak terkait yang nantinya akan mulai efektif melakukan pemantauan mulai dari H-7 hingga H+7 Idul Fitri. Tim ini akan ditempatkan di Pelabuhan Ujoh Bilang dan Pelabuhan Batoq Kelo Kecamatan Long Bagun.” ujar Toni.

Tim ini akan bertugas mendata penumpang dan menjaga keselamatan penumpang dengan mengecek peralatan dan kelengkapan speedboat serta memastikan seluruh penumpang menggunakan jaket pelampung sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, tugas lainnya adalah mengontrol atau membatasi jumlah penumpang dalam satu speedboat guna mengurangi potensi kecelakaan karena kelebihan muatan.
Terdapat dua rute tujuan arus mudik di Mahulu ini, yaitu ke arah Hulu dan Hilir Mahakam.

“Titik-titik rawan yang perlu di waspadai dalam arus mudik ini tentunya adalah riam, mulai dari riam udang hingga riam panjang. Riam-riam ini terdapat dalam perjalanan menuju dua kecamatan di Hulu Mahakam yaitu Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari. Sedangkan untuk tujuan ke Hilir seperti ke Tering tidak ada titik kerawanan khusus selama debit air sungai Mahakam normal.” jelas Toni.

Untuk itu, pihaknya berharap para motoris atau pengemudi speedboat untuk memprioritaskan keselamatan dan lebih berhati-hati dalam perjalanan agar arus mudik di Mahulu tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar serta dukungan dari alam karena bagaimanapun kondisi alam sangat berpengaruh pada kelancaran arus mudik disamping faktor manusianya.

Terkait dengan puncak arus mudik, pihaknya memprediksi puncak arus mudik di Mahulu diperkirakan terjadi pada Jum’at (31/5), namun mengingat hari Kamis adalah tanggal merah, ada kemungkinan puncak arus mudik terjadi lebih awal yaitu Rabu (29/5). (BD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *