Banjir Landa Kabupaten Mahakam Ulu

Kondisi Banjir di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun (14/6)

 

NUSARES-Hujan deras yang terjadi di hulu mahakam pada Rabu (12/6) menyebabkan naiknya debit air Sungai Mahakam di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai. Warga yang berada hilir seperti Kecamatan Long Bagun, Long Hubung, dan Laham mulai waspada setelah mendengar kabar ini. Daerah hilir mahakam memang langganan banjir dan warga sudah terbiasa dengan hal tersebut.

“Pagi itu, hari Kamis (13/6), saya dapat kabar dari keluarga di Long Pahangai kalau debit air mahakam naik.” ujar Kuleh, warga Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.

Air kiriman dari hulu mahakam tersebut mulai sampai di Kecamatan Long Bagun sekitar pukul 16.00 Wita, dimana air sudah mulai meluap ke pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai setinggi mata kaki orang dewasa.

“Banjir kiriman dari hulu mulai masuk ke Long Bagun sekitar jam 16.00 Wita dan warga mulai mengevakuasi barang-barangnya ke tempat yang lebih tinggi.” katanya.

Dirinya mengatakan bahwa naiknya air terbilang cukup cepat karena pada pukul 20.00 Wita di beberapa titik airnya sudah mencapai sepinggang orang dewasa hingga puncaknya sekitar pukul 24.00 Wita air sudah sekitar 2 meter. Beberapa rumah yang berada di dataran yang lebih rendah hanya terlihat atapnya saja.

“Daerah ini memang langganan banjir tapi ini diluar perkiraan. Saya bilang ini salah satu banjir terbesar yang pernah terjadi disini. Biasanya nggak sampai separah ini banjirnya.” ujarnya.

“Warga yang berada di Kecamatan Long Hubung dan Laham harus lebih waspada melihat kondisi yang terjadi disini karena banjir kiriman ini juga akan berdampak pada dua kecamatan tersebut. Banjir biasanya akan mulai surut dalam 2-3 hari dan akan melanda kecamatan selanjutnya yang berada di hilir.” jelasnya.

Setiap banjir yang terjadi mulai dari terpantaunya debit air yang tinggi di hulu mahakam, akan berdampak pada tiga Kecamatan di hilir Kabupaten Mahakam Ulu, bahkan juga berdampak hingga Kabupaten Kutai Barat. (BD)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *