Dukungan Moril Bagi Korban Kerusuhan Kabupaten Buton

NusantaraResearch. (11/06/2019) Dukungan Kepada Para Korban kerusuhan di Kabupaten Buton tidak henti hentinya berdatangan. Tidak hanya dukungan dalam bentuk fisik seperti makanan, minuman, pakaian layak pakai serta bahan bangunan yang telah didatangkan, melainkan dukungan moril juga terus berdatangan dari pihak pihak yang bersimpati atas kejadian yang menimpa Masyarakat Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton pada saat Hari Raya Idul Fitri tepatnya 5 Juni 2019.

Aliansi Pemuda Pemerhati Kemanusiaan Buton melakukan dukungan moril berupa melakukan aksi damai dengan cara melakukan pawai kendaraan bermotor serta mendatangi Pemda serta Polres terkait memastikan sudah terdapat hal-hal tinda lanjut yang dilakukan untuk para korban.

“Peserta aksi berasal dari simpatisan korban di Desa Laburunci, Kombeli, Awainulu dan Karya Baru, Kec. Pasarwajo, Kab. Buton. Aksi dilakukan terkait tindak lanjut atas Kejadian di Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo”, kata Cendrawan selaku Korlap Aksi. Dirinya juga mengatakan terdapat beberapa tuntutan para peserta aksi kepada Pemda dan Polres Buton, seperti Mendesak kepolisian untuk segera menangkap mengadili dan menindaktegas provokator dan aktor intelektual dari kejadian tersebut. Peserta Aksi juga Meminta Pemda Buton agar berkoordinasi dengan Pemprov terkait percepatan realisasi bantuan kebakaran di Desa Gunung Jaya

Iis Elianti selaku Wakil Bupati Buton bersama Ir. La Ode Zilfar Djafar, M.Si. selaku Sekda Kab. Buton, menanggapi permintaan para peserta aksi. “Pemda akan segera melakukan rapat internal terkait persamaan persepsi atas data data terkait konflik, sehingga anggaran penanggulannya dapat tepat sasaran, Pemda juga akan berusaha melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan pendekatan budaya yaitu persamaan persepsi bahwa kita memiliki 1 etnis yang sama yaitu Suku Buton”, tegas Sekda Buton.

Hingga saat ini diketahui kondisi warga Desa Gunung Jaya masih dalam keadaan aman namun beberapa warga diketahui mengalami trauma akibat kejadian tersebut. Pemda juga berencana untuk memanggil psikolog untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

Sementara Pihak Polres Buton juga menanggapi terkait Tuntutan para peserta aksi. Kombes Pol Hartoyo selaku Dir Intelkam Polda Sultra mengatakan “terima kasih kepada peserta aksi unjuk rasa hari ini yang telah mendukung kinerja Polri terutama dalam penegakan hukum, terkait terduga pelaku yang belum ditangkap saat ini nama-namanya sudah dimiliki oleh Polres Buton dan akan segera dilakukan penangkapan”, tegasnya. Kapolda Sultra diketahui telah membentuk tim pengawasan internal untuk menilai kinerja Polres Buton terkait peristiwa bentrok antara Desa Gunung Jaya dan desa sampuabalo

 

(JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *