Pelayanan Kesehatan Bagi Korban Banjir Mahulu

 

NUSARES-Banjir yang terjadi di Mahakam Ulu menyebabkan sulitnya akses ke Puskesmas maupun rumah sakit. Oleh karena itu pihak Dinas Kesehatan Mahakam Ulu bekerja sama dengan tim Tagana dari Dinas Siosial dan tim bencana dari Dinas Trantibum Mahakam Ulu untuk membantu dan mengevakuasi korban banjir. Salah satu bantuan yang diberikan adalah dengan mendirikan posko kesehatan di lokasi pengungsian.

“Kami mendirikan posko kesehatan di lokasi pengungsian untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para korban banjir.” jelas Kasi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Mahakam Ulu, Magdalena, saat ditemui di ruang kerjanya.

“Selain mendirikan posko kesehatan, kami juga berkeliling ke kampung-kampung mulai dari Kec Long Bagun hingga ke ujung kampung di Kec Laham yang terkena dampak banjir untuk diberikan pelayanan kesehatan serta memberikan bantuan berupa makanan dan mjnuman bagi para korban banjir.” sambungnya.

Banjir biasanya juga membawa dampak kesehatan bagi para warga seperti gangguan pada kulit hingga penyakit ISPA. Hal itu juga yang terjadi di Mahakam Ulu.

“Penyakit yang paling sering dikeluhkan oleh masyarakat akibat dari banjir ini adalah nyeri persendian, gangguan pada kulit, dan ISPA dengan mayoritas pasien adalah orang tua.” terangnya.

Pihaknya menghimbau warga untuk menerapkan Praktek Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan setelah kontak dengan air banjir, melarang anak-anak bermain air luapan banjir, serta menghimbau masyarakat untuk segera membersihkan rumahnya yang terendam banjir karena apabila lumpur bawaan banjir mengering akan berpotensi menyebabkan penyakit ISPA. (BD)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *