Pesan Damai Warga Makassar Untuk Masyarakat Papua

Sejumlah warga Makassar yang tergabung dalam Aliansi Anak Bangsa Cinta NKRI berunjuk rasa di Jalan Jenderal Sudirman, depan monumen Mandala Pembebasan Irian Barat, Jumat (30/8). Dalam aksinya, mereka meneriakan penolakan terhadap upaya pemisahan Papua dari NKRI.

 

Aksinya diramaikan dengan pembentangan beberapa lembar bendera merah putih. Dan juga diisi dengan orasi.

 

“Jangan coba-coba pisahkan Papua dari NKRI. Papua itu merah putih, Papua saudara kita,” kata Arqam Azikin, akademisi yang juga turut ambil bagian dengan berorasi di tengah pengunjuk rasa dan pengguna jalan yang melintas.

P

Menurut Arqam, nilai perjuangan bangsa ini sangalah besar, pejuang gugur di Papua mempertahankan NKRI. Banyak petugas di sana, TNI dan Polri menjaga Papua hingga hari ini.

 

“Jadi, jangan sampai terjadi lagi provokasi. Kita berharap saudara-saudaraku, anak-anak Papua di mana saja, mari jaga persatuan, perdamaian, jangan terprovokasi dari kelompok-kelompok yang mau memecah bangsa ini,” ujarnya.

 

 

 

Di tengah aksi yang dikawal aparat kepolisian, mereka membagikan selebaran ke pengguna jalan. Isinya memuat beberapa butir pernyataan antara lain tolak keras adanya upaya adu domba dan provokasi melalui isu rasisme, menjamin keamanan dan kenyamanan seluruh mahasiswa Papua di Makassar, menolak upaya pemisahan diri karena Papua adalah bagian integral yang tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *