DUKUNG REVISI UU KPK, KELOMPOK CIPAYUNG PLUS ADAKAN KONFERENSI PERS

Ketua Umum kelompok Cipayung Plus dalam konferensi pers di Bakoel Kofie, Rabu (11/9)

Jakarta – Organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus yaitu PMII, GMNI, HMI, IMM, PMKRI, GMKI, KMHDI dan HIKMAHBUDHI mengadakan konferensi pers dengan agenda diskusi bebas dan pernyataan sikap mendukung revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) di Bakoel Kofie, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Dalam konferensi pers tersebut, para ketua umum Cipayung Plus sepakat untuk mendukung penuh terhadap revisi UU KPK dan mendorong terlaksananya revisi UU KPK yang diusulkan oleh DPR RI kepada Presiden.

Ketua Umum PB PMII Agus Herlambang mengatakan bahwa dukungan ini sama sekali bukan bertujuan untuk melemahkan institusi KPK, namun justru untuk menguatkan KPK sehingga pemberantasan korupsi di Indonesia kedepan dapat berjalan lebih maksimal dan semakin baik dari yang sebelum-sebelumnya.

“Kami mendukung penuh revisi UU KPK bukan untuk melemahkan KPK, tapi justru untuk menguatkan institusi KPK agar dapat bekerja lebih maksimal dalam memberantas korupsi.” kata Agus.

Para Ketua Umum kelompok Cipayung Plus memandang bahwa secara kelembagaan, KPK bukanlah lembaga superbody yang tidak bisa disentuh dan dievaluasi. Meskipun korupsi merupakan ekstraordinary crime, dan semua sepakat akan hal tersebut, namun dalam negara yang berdemokrasi, tidak boleh ada lembaga yang supremasinya tidak bisa disentuh oleh kekuatan hukum manapun.

Ketua DPP GMNI Roybatullah Kusuma Jaya mengatakan, Indonesia adalah negara demokrasi yang berlandaskan hukum, sehingga pertanggungjawaban KPK harus didasari hukum dan berorientasi kepada kemaslahatan rakyat, bukan dengan seenaknya tebang pilih dalam menangani kasus hukum dan terkesan ditunggangi oleh kepentingan politis pejabat-pejabat internal KPK.

“Maka dari itu, revisi UU KPK perlu didorong untuk diupayakan sembari dikawal agar jangan sampai ada unsur-unsur kepentingan yang justru melemahkan pemberantasan korupsi di Indonesia,” kata dia.

Di akhir acara, para Ketua Umum Cipayung Plus menyatakan Sikap sambil berdiri bergandengan tangan, bahwa kelompok Cipayung Plus mendukung penuh revisi UU KPK demi terlaksananya pemberantasan korupsi yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. (Jo.red)

Ketua Umum kelompok Cipayung Plus dalam konferensi pers di Bakoel Kofie, Rabu (11/9)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *