Kebakaran Lahan Gambut Koltim, Belum Juga Padam

NusantaraResearch. Kebakaran lahan gambut yang terjadi di wilayah Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, hingga saat ini belum juga padam. Kebakaran tersebut terjadi sejak 27 Agustus 2019 dan telah menghanguskan kurang lebih sekitar 200 Hektare yang tersebar di berbagai wilayah seperti Desa Keisio, Desa Wesalo, Desa Lalosingi, dan Kel. Lalolae.

Tim Gabungan yang terdiri dari Aparat TNI Polri, Manggala Agni, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kolaka Timur terus berupaya untuk melakukan pemadaman api dan pencegahan untuk munculnya titik api baru. Kebakaran yang sudah terjadi sekitar 2 minggu lebih itu menjadi sulit dipadamkan karena kondisi lahan gambut tersebut yang sulit untuk dijangkau.

Lahan Gambut tersebut apabila diinjak akan amblas sedalam kurang lebih 30-50 cm, sehingga menyulitkan Tim Gabungan untuk bekerja maksimal. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan untuk Tim Gabungan untuk terus mencari cara untuk melakukan pemadaman.

Hal yang dikhawatirkan akibat adanya kebakaran lahan tersebut adalah Penyakit Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA yang akan diderita masyarakat yang tinggal di daerah sekitar titik api. Sebagian warga bahkan telah mengeluhkan penglihatannya yang mulai terasa pedas dimata dan sesaknya pernapasan. Asap juga mengganggu jarak pandang pengendara kendaraan di Jalan Poros Kolaka-Koltim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *