Pohorua, Desa Trans Di Wilayah Muna

NusantaraResearch. Kabupaten Muna merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Berlokasi di wilayah kepulauan Provinsi Sultra, geografis Kabupaten Muna terbagi menjadi 2 bagian. Kedua bagian tersebut masing-masing terletak pada 2 Pulau Besar yaitu Pulau Muna dan Pulau Buton.

Kabupaten Muna terpilih menjadi salah satu lokasi Program Transmigrasi yang bekerja sama dengan pemerintah Jawa Barat dan Jawa Timur. Salah satu Lokasi Trans yang ditentukan berlokasi di Desa Pohorua, Kecamatan Maligano. Daerah tersebut berada di kawasan Muna bagian timur (tepatnya wilayah Muna yang berlokasi bagian di Pulau Buton).

Untuk menuju Desa Pohorua dari Kota Raha (Ibukota Kabupaten Muna), kita dapat menggunakan 2 alternatif yaitu dengan Kapal Ferry melalui Pelabuhan Raha, ataupun dengan Kapal SpeedBoat melalui Pelabuhan Pasar Laino. Untuk kapal ferry, kita akan menempuh perjalanan 1 jam laut menuju pelabuhan Pure, dan selanjutnya kita akan menempuh 45 menit perjalanan untuk tiba di Desa Pohorua. Sementara apabila kita menggunakan SpeedBoat, maka kita akan menempuh perjalanan 1 jam laut menuju pelabuhan Maligano, dan selanjutnya 15 menit perjalanan menuju Desa Pohorua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Foto: Pemandangan Gunung dan Laut dari Desa Pohorua)

Desa Pohorua kedatangan warga Trans dari Jawa Barat dan Jawa Timur pada tahun 2015 dan 2016. Hingga saat ini, jumlah warga Trans dan Warga Lokal disana berjumlah masing-masing 75KK, sehingga terdapat total 150KK yang mendiami desa tersebut. Warga Trans tersebut telah diberikan fasilitas berupa rumah layak huni, sumber air bersih serta lahan yang disediakan untuk mereka mengembangkan pertanian dan perkebunan untuk perekonomian.

Ujang Himawan, warga trans asal Jawa Barat yang saat ini menjadi Kepala Dusun warga trans menerangkan bahwa para warga trans memiliki beberapa produk unggulan seperti Daun Bawang, Cabai, Cengkeh, Merica, dan Pala. Sementara untuk hasil usaha Buah-buahan utamanya terdapat Buah Jeruk, Buah Pepaya, dan Buah Naga.

“iya kalau disini memang produk unggulannya Daun Bawang, Cabai, Cengkeh, Merica dan ada sedikit Pala terkadang. Tetapi yang biasa sudah banyak kami kirimkan ke luar itu adalah Daun Bawangnya, sudah banyak yang minta”, tegasnya.

Selain perkebunan, terdapat Potensi lain yang berada di Pohorua yaitu Pariwisata melalui Agrowisata. Lokasi Desa yang berbukit bukit dan berada di ketinggian, membuat daerah tersebut cocok untuk ditanami banyak jenis tanaman dan memiliki view gunung dan laut yang seakan menambah kesan bahwa tempat tersebut mirip seperti daerah di Bandung.

“kami berharap mudah-mudahan ada bantuan juga dari pemerintah terkait pengembangan desa wisata. Selama ini kami juga telah menerima bantuan seperti bibit dan tentu akan kami maksimalkan. Kami datang membawa harapan demi kemajuan keluarga dan daerah, sehingga apa yang kami cita-citakan dapat terwujud dan memberi dampak positif bagi Kabupaten Muna”, tambah Ujang Himawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *