Jokowi JK Hadiri Pelantikan Wajah Baru DPR RI

Foto: Jokowi ketika menghadiri Pelantikan DPR, DPD, dan MPR (sumber: Akun Resmi Twitter Joko Widodo)

 

NusantaraResearch. Presiden RI, Joko Widodo dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menghadiri hajatan akbar di lingkungan DPR, DPD dan MPR pada Selasa (1/10/2019). Nampak Jokowi dan JK didampingi masing-masing istrinya yaitu Ibu Iriana dan Ibu Mufidah.

Sejumlah 575 anggota DPR RI hasil Pemilu Tahun 2019 dilantik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Sementara untuk anggota DPD yang dilantik yaitu sebanyak 136 orang dan anggota MPR yaitu sebanyak 711 orang. Para anggota parlemen ini tentunya akan mengemban tugas yang menjadi isu paling hangat baru baru ini, khususnya bagi DPR RI yaitu terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), dan RUU Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Para Anggota Parlemen pun disumpah menurut Agama mereka masing-masing. Berikut bunyi sumpah dan janji yang diucapkan para anggota DPR:

Saya bersumpah saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan pedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *