29 KK Warga Jawa Timur Siap Menjadi Warga Muna Timur

NusantaraResearch. Masyarakat Transmigran Desa Raimuna, Kecamatan Maligano kembali kedatangan keluarga baru. Kali ini, sebanyak 29 KK telah datang dan akan menetap sebagai warga trans di Desa Raimuna (17/12/2019). 29 KK tersebut berasal dari 9 Kabupaten/Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur, diantaranya Kab. Blitar 5KK, Kab. Lumajang 2KK, Kab. Banyuwangi 7KK, Kab. Pasuruan 2KK, Kota Pasuruan 1KK, Kab. Pamekasan 5KK, Kab. Sumenep 1KK, Kab. Lamongan 5KK, dan Kab. Nganjuk 1KK 1 Jiwa.

Achmad Zaifoer, M.Si. selaku Kabid Transmigrasi Dinas Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, mengatakan  bahwa dirinya berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Muna yang telah memfasilitasi para penduduk trans dengan sangat maksimal. “Saya berterimakasih kepada Pemda Muna dalam hal ini Dinas Transmigrasi yang telah memfasilitasi warga trans berupa sarana dan prasana serta tempat tinggal yang memadai. Kami harap kedatangan saudara-saudara kami disini dapat membawa perubahan postif bagi individu dan daerah”, tegasnya.

Fadjaruddin Wunanto, S.T., M.Si. selaku Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Muna, mengatakan bahwa memang betul fasilitas yang diberikan akan sangat dimaksimalkan. “Faslitas berupa air bersih dan listrik sudah berjalan dengan baik. Dimana sumber air bersih langsung berasal pegunungan yang terletak tidak jauh dari desa. Selain itu, Desa Raimuna berlokasi sangat strategis dimana berlokasi sangat dekat dengan beberapa Kabupaten di sebelahnya seperti, Kota Baubau, Kabupaten Buton Utara, Buton, Buton Selatan hingga Wakatobi”.

Foto: Warga Trans Asal Jawa Timur

Dalam kegiatan serah terima tersebut, turut dihadiri oleh Sekda Muna, Drs. Ali Basa. Sekda Muna pun berharap agar kerjasama antara Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara dalam hal ini Pemda Muna, dengan Pemerintah Daerah Jawa Timur dapat selalu terjaga demi kemajuan daerah, utamanya di kawasan Muna Timur.

Untuk diketahui, jumlah penduduk trans asal Jawa Timur yang datang hari ini sebanyak 80 orang. Masing-masing kepala keluarga akan memperoleh lahan seluas 1,5 Hektare. Dimana lahan tersebut terdiri dari 0,10 Hektare Rumah Hunian, 0,90 Hektare Lahan Usaha 1, dan 0,5 Hektare Lahan Usaha 2.

(JS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *