Gotong Royong Bantu Usaha Kecil Cegah Corona

Di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda Indonesia, di sekitar kita masih banyak usaha-usaha kecil milik warga yang harus tetap buka. Hal ini bukan karena mereka ingin mendapatkan keuntungan, namun demi kehidupan orang-orang yang mereka cintai tetap berjalan. Misalnya adalah usaha angkringan, laundry, pedagang pasar tradisional, pedagang keliling, dan lain-lain. Mereka masih harus tetap berinteraksi dengan banyak orang, sedangkan kita meskipun sedang Work From Home masih dapat merasakan nikmatnya kemudahan mencari jasa atau membeli kebutuhan pokok berkat apa yang mereka tetap lakukan.

Untuk itu, sejak tanggal 18 Maret 2020 Obed Kresna beserta teman-temannya berinisiatif untuk membuat gerakan bagi-bagi hand sanitizer dan sabun cuci tangan untuk para pelaku usaha kecil yang masih tetap buka di tengah wabah Corona ini. Obed mengajak kita semua untuk berdonasi dan berpartisipasi dalam pendistribusian bantuannya. Untuk sumbangan berupa uang dapat diberikan melalui transfer ke rekening CIMB dengan nomor rekening 705 806 333 500, atas nama Ahmad Fikri Danurdoro. Bisa juga dengan memberikan bantuan lain dengan memberikan bantuan cairan desinfektan, hand sanitizer, alcohol, masker, atau jenis barang lain yang dapat menunjang.

 

Dalam media sosial Instagram miliknya (@obedkresna), ia mengunggah update ajakan untuk berpartisipasi dan melakukan update terhadap kegiatannya tersebut. Telah diketahui bahwa sejak hari Minggu, 22 Maret 2020 pembagian tahap pertama hand sanitizer sudah mulai dijalankan. Relawan yang melakukan pendistribusian, juga melakukan sosialisasi singkat dengan brosur serta pendataan yang mencakup nama pedagang, jenis dagangan, asset, dan tempat berdagang. Hal ini dilakukan untuk dapat menghimpun data mengenai usaha mikro yang terus mereka jalankan dan kelak jika gerakan ini masih berjalan dan bantuan terus ada maka dengan mudah dapat diberikan bantuan lanjutan. Gerakan untuk membantu para pedang kecil dan usaha mikro tersebut sampai saat ini telah menerima puluhan juta rupiah dari para donatur dan berhasil merekrut lebih dari 60 relawan.

Sebagai dampak dari gerakan tersebut, beberapa daerah lain seperti Klaten, Karanganyar, dan beberapa daerah lain mengabarkan kepada Obed bahwa mereka memulai gerakan serupa. Sampai saat ini (27/03/2020), kegiatan gotong royong ini masih berlangsung. Daerah sasaran yang mulanya hanya sekitaran kawasan UGM kini sudah merambah dan terus meluas hingga ke arah kota.

Narahubung:

Obed Kresna

081327475326 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *