Demo Anti Rasisme di Amerika Serikat Berujung Rusuh, Ini Kata Ketua FPK Riau

Ketua FPK Provinsi Riau

PEKANBARU – Aksi demo dan rusuh disejumlah negara bagian di Amerika Serikat (AS) makin menjadi-jadi. Sudah 13 orang tewas dan lebih dari 10.000 orang lainnya ditangkap sejak protes atas kematian pria kulit hitam George Floyd berkobar di seluruh wilayah Amerika Serikat. Demo yang diwarnai kerusuhan dan penjarahan terus berlanjut di negara itu.

Menyikapi kejadian tersebut, Ir. A.Z Fachri Yasin M.Ag (Ketua FPK Provinsi Riau) menyampaikan pernyataan kepada wartawan, Jumat (5/6/2020).

“Penyebab kondisi saat ini di Amerika Serikat semakin memanas adalah karena terbunuhnya satu orang dari ras kulit hitam secara tidak manusiawi oleh oknum polisi sehingga mengakibatkan aksi protes yang berujung pada kerusuhan”.

Mantan Dosen UNRI tersebut mengatakan bahwa untuk di Riau sendiri peluang terjadinya konflik ras sangat kecil karena tingginya tingkat pembauran di masyarakat. Selain itu, masyarakat melayu Riau juga bersikap terbuka dan menerima pendatang.

Dirinya juga menyampaikan peran aktif FPK dalam rangka mewujudkan keharmonisan antar suku bangsa di Riau.

“Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau terlibat dan berperan aktif dalam rangka mewujudkan keharmonisan antar suku bangsa di Riau melalui pelibatan LAMR dan paguyuban-paguyuban dalam setiap kegiatan FPK contohnya Parade Budaya. ” ujarnya. (RK/NusaRes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *