FSPMI Lampung Selatan Protes Upah Minimum Provinsi Lampung Tahun 2021 Tidak Naik

Lampung Selatan–Diketahui Selasa 27 Oktober 2020 di Ruang Pertemuan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Prov. Lampung telah diselenggarakan sidang Pleno Dewan Pengupahan Daerah Provinsi (Depeprov) Lampung dalam rangka membahas Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung Tahun 2021 untuk meneruskan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja RI Nomor : M/11/.04/X/2020 Tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sidang tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa UMP Lampung Tahun 2021 sama dengan tahun 2020. Hal tersebut memicu penolakan dari para anggota serikat buruh, salah satunya adalah FSPMI Lampung Selatan. Tokoh serikat buruh, M. Taat Badarudin (KC FSPMI Lampung Selatan) mengungkapkan “Terkait dengan keputusan pemerintah untuk tidak menaikan Upah Minimum dimasa pandemi covid-19 dan disaat daya beli buruh dan rakyat sedang mengalami penurunan, maka kami kaum buruh menyatakan dengan tegas tidak dapat menerima, dan protes terhadap keputusan tersebut”.

“Karena menurut kami disaat pandemi dan krisis ekonomi yang melanda negeri saat ini belum sebanding dengan krisis ekonomi tahun 1998, yang pada saat itu Upah Minimum masih bisa naikan” tambah Taat.

Selain itu, diketahui jika dalam sidang Pleno pembahasan UMP Lampung tersebut juga dihadiri oleh perwakilan serikat buruh, salah satunya adalah FSPMI Lampung. Namun FSPMI Lampung Selatan yang dipimpin M. Taat Badarudin menyatakan penolakan hasil kesepakatan tersebut, “Keputusan wakil FSPMI yang duduk di Depeprov tersebut tidak mewakili kepentingan anggota SPA FSPMI Lampung, karena kesepakatan yang ditanda tangani, tidak melalui keputusan rapat anggota SPA FSPMI Lampung” ujar Taat.

“Kami mendesak agar Pemerintah Daerah Provinsi Lampung (Gubernur Lampung) agar menaikan UMP Lampung tahun 2021 sebesar 8%, setidak-tidaknya sama dengan tahun lalu” tambah Taat.

(AB/NusRes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *