Tentang Kami

Adam Dwi
Direktur Kominfo

Nusantara Research (NR) adalah lembaga penelitian yang resmi didirikan sejak 15 Mei 2017 oleh sekelompok aktivis dan intelektual muda yang dinamis. NR merupakan lemb

aga yang independen, nonpartisan, dan nirlaba yang sumber dana utamanya berasal dari hibah dan sumbangan dari yayasan-yayasan, perusahaan-perusahaan, dan perorangan.

NR bertujuan untuk menjadi pusat penelitian utama di Indonesia untuk masalah-masalah ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, ilmu pengetahuan teknologi, biografi, demografi dan wilayah yang berkomitmen untuk memberikan sumbangan kepada diskusi publik dan memperbaiki kualitas penerapan hal-hal tersebut lewat penerapan tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi masyarakat di Indonesia.

Visi NR adalah terwujudnya sistem yang menjunjung tinggi ideologi Pancasila, hak asasi manusia dan penegakan hukum, serta melibatkan partisipasi beragam pemangku kepentingan dan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang demokratis.

Misi NR adalah untuk melaksanakan penelitian yang dapat diandalkan, independen, dan nonpartisan, serta menyalurkan hasil-hasil penelitian kepada para pembuat kebijakan, kalangan bisnis, dan masyarakat sipil dalam rangka memperbaiki kualitas sistem di Indonesia.

NR juga mempunyai misi untuk mendidik masyarakat dalam masalah-masalah yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi hajat hidup mereka. Dengan kata lain, NR memiliki posisi mendukung proses perubahan, serta mengambil bagian penting dan aktif dalam proses itu.

Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka mencapai visi dan misi NR antara lain adalah penelitian, survei, diskusi publik, pendidikan publik, serta forum kajian tahunan.

Struktur Organisasi