Elementor #1797

Antisipasi Konflik Pertambangan, Camat Juai Adakan Pembinaan Masyarakat

Paringin, 23 April 2020

PARINGIN, Nusantara Research – Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu wilayah yang memiliki kekayaan batubara yang melimpah. Namun aktivitas pertambangan tersebut juga dapat memicu konflik sosial di tengah masyarakat.

Untuk meminimalisir konflik tersebut, Kecamatan Juai mengadakan kegiatan pembinaan masyarakat yang tempat tinggalnya berada di sekitar wilayah pertambangan.

“Saya berharap para kepala desa bisa ikut membantu pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait pertambangan”, ungkap Camat Juai, Johansyah, di Aula Kecamatan pada Rabu (22/04).

Ia menjelaskan bahwa potensi konflik tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena nantinya dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Sekretaris Kecamatan Juai, M Johansyah menambahkan bahwa mayarakat diharapkan memberikan saran dan masukan jika terjadi permasalahan. ” Saran tersebut akan kami teruskan kepada Kepala Daerah untuk ditindaklanjuti”, ujarnya.

Johansyah juga mengarahkan kepada para kepala desa untuk memberikan pendidikan sosial kepada masyarakat untuk tertib administrasi. “Jika semua aset masyarakat sudah memiliki legalitas, maka bisa mengurangi potensi konflik pertambangan yang biasanya terjadi karena tumpang tindih lahan”, kata Johansyah.


Penulis : Vera Andriani